Kamis, 14 Maret 2013

TUGAS 2

Diposting oleh Unknown di 06.24


Pengertian :
1.      Jelaskan fungsi dari bagian workspace berikut  ?
v Stage, digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan di beri animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
v Timeline library, digunakan untuk menampilkan objek-objek yang dibuat. Time line,digunakan untuk mengatur frame, layer, dan durasi animasi.
v Action dan properties, digunakan untuk menampilkan informasi.

2.    Jelaskan istilah berikut :
v Single keyframe dan frame, kotak-kotak berurutan dalam timeline. Pada frame inilah akan menentukan animasi apa yang akan dibuat.
v Motion tweened frame,  Pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir.
v Shape tweened frame, perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk shape tween objek yang dianimasikan harus berjenis shape.
v Labeled frame, proses pemindahan pada animasi.
v Scripted frame, bahasa pemograman yang digunakan di dalam program flash yang berfungsi untuk memberikan perintah di dalam animasi flash.



3.    Sebutkan dan jelaskan isi dari tiap bagian tools panel beserta fungsinya :
v Tools Area, Alat bantu untuk membuat obyek grafik yang dapat ditambah dalam stage yang berupa icon-icon.
Berikut di antaranya macam-macam tools area :
·        Selection tool (v) : untuk memilih objekatau untuk memindahkannya.
·        Subselection tool (A) untuk mengubah objek dengan edit points.
·        Free transform tool (Q) untuk memutar objek yang di buat.
·        Gradient transform tool (F) untuk memperluas gradasi warna.
·        Line tool (N) untuk membuat garis di stage.
·        Lasso tool (L) untuk memilih daerah di objek yang akan di edit.
·        Pen tool (P) untuk menggambar dan mengubah bentuk suatu objek dengan menggunakan edit points (lebih teliti dan akurat).
·        Text tool (T) untuk membuat objek teks.
·        Oval tool (O) untuk membuat objek lingkaran.
·        Retangle tool (R) untuk membuat objek kotak,polygon, dan bintang.
·        Pencil tool (Y) untuk membuat sebuah objek bebas sesuai dengan yang kalian sukai, tetapi bentuk yang kalian buat akan diformat oleh flash menjadi bentuk sempurna.
·        Brush tool (B) untuk memberi warna pada objek bebas.
·        Ink bottle tool (S) untuk mengisi warna pada objek yang stroke-nya telah hilang (tidak ada).
·        Paint bucket tool (k) untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.
·        Eyedropper tool (I) untuk mengidentifikasi warna atau garis dalam sebuah objek.
·        Eraser tool (E) untuk menghapus objek yang di bentuk.
v View Area, untuk mengatur tampilan lembar kerja.
Berikut diantaranya macam-macam view area :
·        Hand tool (H) untuk menggerakkan suatu tampilan objek pada stage tanpa mengubah posisi objek tersebut pada stage.
·        Zoom tool (M,Z) untuk memperbesar dan memperkecil tampilan objek pada stage.
v Colors  Area, untuk menentukan warna yang dipakai saat mengedit.
Berikut diantaranya macam-macam colors area :
·        Stroke color, untuk memberi warna garis / border pada objek.
·        Fill color, untuk memberi warna isi pada objek.
·        Black and white, untuk memberi warna objek dan warna border / garis dengan warna hitam putih.
·        No color, untuk tidak memberi warna pada objek.
·        Swap color, untuk mengubah warna fill menjadi warna stroke atau sebaliknya.
v Option area, alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Berikut diantaranya macam-macam option area :
·        Object drawing (J) untuk memberikan efek pada objek yang dibuat agar tidak menyatu dengan objek lain.
·        Snap to objects, mengaktifkan fungsi snap pada objek.



4.    Perbedaan static teks, Dinamik Teks dan Input Teks ?
v Static teks, digunakan untuk menampilkan kata / kalimat yang hanya dapat di ubah bentuk dan isinya saat berada di flash.
v Dinamic teks, digunakan untuk menampilkan kata/kalimat yang dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengubah bentuk dan isinya dapat menggunakan actionscript.
v Input teks, digunakan untuk memasukkan kata/kalimat sesuai keinginan user/pengguna. Untuk mengubah bentuk dan isinya dapat menggunakan actionscript  juga.

5.    Apa itu breaking teks apart? Apakah fungsinya? Dan bagaimana cara membuatnya?
Breaking teks apart adalah untuk memisahkan masing-masing karakter huruf.
Cara membuatnya : CTRL+B

6.    Apa itu linking teks ? bagaimana membuat linking teks ke sebuah URL ?
Linking teks adalah teks yang akan di jadikan link agar bisa terhubung ke internet.
Cara membuat linking teks ke sebuah URL adalah dengan cari kata atau kalimat yang saat di klik akan menuju halaman lain, lalu tandai atau blok kata, kalimat tersebut. Setelah di tandai klik tanda link, maka anda akan di bawa ke halaman/tampilan lain, URL : istilah nama web yang anda inginkan.


7.    Jelaskan perbedaan bitmap dan vektor ?
v Bitmap :
·        Gambar kurang jelas jika diperbesar.
·        Terdiri atas titik (piskel), beragam warna, piksel tersebar dalam pola grid.
·        Gradasi warna lebih luwes dan nyata.
·        Mampu menyimpan gambar antar-format, yaitu JPEG,BMP,GIF,TIFF,dan PNG.
·        Ukuran file yang dihasilkan besar.
·        Kualitas grafis tergantung dari banyaknyya pixel.
·        Disusun oleh objek yang disebut pixel.
·        Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi.
·        Ukuran penyimpanan relatif besar.
v Vektor :
·        Gambar tetap jelas ketika diperbesar.
·        Tersusun dari garis dan kurva, path terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan anchor point.
·        Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh para desainer grafis.
·        Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel.
·        Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis.
·        Sifatnya resolution independent.
·        Ukuran penyimpanan relatif kecil.
·        Program yang digunakan adalah coreldraw,adobe ilustrator macromedia freehand.
·        Nyaman dipakai untuk melayout halaman (teknik publishing) membuat font, dan ilustrasi.

8.    Jelaskan perbedaan motion tween dan shape tween ?
v Motion tween adalah untuk merubah tempat.
v Shape tween adalah untuk merubah bentuk.

9.    Jelaskan fungsi tipe simbol berikut :
v Tipe simbol graphic, simbol untuk sebuah objek yang berbentuk grafik.
v Tipe simbol movie clip, simbol untuk sebuah objek film.
v Tipe simbol button, simbol untuk sebuah objek yang bisa interaksi kepada pengguna/tombol.
v Tweening pada simbol, simbol yang berada pada sebuah tweening.

10.  Jelaskan format publising flash movie berikut :
v FLASH*.SWF : File yang terbentuk jika anda melakukan test movie, dan merupakan sebuah file project yyang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibandingkan file animasi 2d lainnya.
v HTML*.HTML : Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang bisa di akses melalui web.
v WINDOWS PROJEKTOR*.EXE : Jasa untuk meng-export animasi menjadi video, juga dapat dipublish menjadi sebuah aplikasi.






REFERENSI :
              

                                                              



0 komentar:

Posting Komentar

 

RISMA NURMALA SARI Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos