Pengertian :
1. Jelaskan fungsi dari bagian workspace
berikut ?
v Stage, digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan
di beri animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan
lain-lain.
v Timeline library, digunakan untuk menampilkan
objek-objek yang dibuat. Time line,digunakan untuk mengatur frame, layer, dan
durasi animasi.
v Action dan properties, digunakan untuk menampilkan
informasi.
2. Jelaskan istilah berikut :
v Single keyframe dan frame, kotak-kotak berurutan dalam
timeline. Pada frame inilah akan menentukan animasi apa yang akan dibuat.
v Motion tweened frame, Pergerakan suatu objek
dari keadaan awal sampai keadaan akhir.
v Shape tweened frame, perubahan bentuk dari suatu objek
ke objek lain. Untuk shape tween objek yang dianimasikan harus berjenis shape.
v Labeled frame, proses pemindahan pada animasi.
v Scripted frame, bahasa pemograman yang digunakan di
dalam program flash yang berfungsi untuk memberikan perintah di dalam animasi
flash.
3. Sebutkan dan jelaskan isi dari tiap bagian
tools panel beserta fungsinya :
v Tools Area, Alat bantu untuk membuat obyek grafik yang
dapat ditambah dalam stage yang berupa icon-icon.
Berikut di antaranya
macam-macam tools area :
· Selection tool (v) : untuk memilih
objekatau untuk memindahkannya.
· Subselection tool (A) untuk mengubah objek
dengan edit points.
· Free transform tool (Q) untuk memutar
objek yang di buat.
· Gradient transform tool (F) untuk
memperluas gradasi warna.
· Line tool (N) untuk membuat garis di
stage.
· Lasso tool (L) untuk memilih daerah di
objek yang akan di edit.
· Pen tool (P) untuk menggambar dan mengubah
bentuk suatu objek dengan menggunakan edit points (lebih teliti dan akurat).
· Text tool (T) untuk membuat objek teks.
· Oval tool (O) untuk membuat objek
lingkaran.
· Retangle tool (R) untuk membuat objek
kotak,polygon, dan bintang.
· Pencil tool (Y) untuk membuat sebuah objek
bebas sesuai dengan yang kalian sukai, tetapi bentuk yang kalian buat akan
diformat oleh flash menjadi bentuk sempurna.
· Brush tool (B) untuk memberi warna pada
objek bebas.
· Ink bottle tool (S) untuk mengisi warna
pada objek yang stroke-nya telah hilang (tidak ada).
· Paint bucket tool (k) untuk mengisi warna
pada objek yang dipilih.
· Eyedropper tool (I) untuk mengidentifikasi
warna atau garis dalam sebuah objek.
· Eraser tool (E) untuk menghapus objek yang
di bentuk.
v View Area, untuk mengatur tampilan lembar kerja.
Berikut diantaranya
macam-macam view area :
· Hand tool (H) untuk menggerakkan suatu
tampilan objek pada stage tanpa mengubah posisi objek tersebut pada stage.
· Zoom tool (M,Z) untuk memperbesar dan
memperkecil tampilan objek pada stage.
v Colors Area, untuk menentukan warna yang dipakai
saat mengedit.
Berikut diantaranya
macam-macam colors area :
· Stroke color, untuk memberi warna garis /
border pada objek.
· Fill color, untuk memberi warna isi pada
objek.
· Black and white, untuk memberi warna objek
dan warna border / garis dengan warna hitam putih.
· No color, untuk tidak memberi warna pada
objek.
· Swap color, untuk mengubah warna fill
menjadi warna stroke atau sebaliknya.
v Option area, alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Berikut diantaranya
macam-macam option area :
· Object drawing (J) untuk memberikan efek
pada objek yang dibuat agar tidak menyatu dengan objek lain.
· Snap to objects, mengaktifkan fungsi snap
pada objek.
4. Perbedaan static teks, Dinamik Teks dan
Input Teks ?
v Static teks, digunakan untuk menampilkan kata /
kalimat yang hanya dapat di ubah bentuk dan isinya saat berada di flash.
v Dinamic teks, digunakan untuk menampilkan kata/kalimat
yang dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengubah bentuk dan isinya dapat
menggunakan actionscript.
v Input teks, digunakan untuk memasukkan kata/kalimat
sesuai keinginan user/pengguna. Untuk mengubah bentuk dan isinya dapat
menggunakan actionscript juga.
5. Apa itu breaking teks apart? Apakah
fungsinya? Dan bagaimana cara membuatnya?
Breaking teks apart
adalah untuk memisahkan masing-masing karakter huruf.
Cara membuatnya : CTRL+B
6. Apa itu linking teks ? bagaimana membuat
linking teks ke sebuah URL ?
Linking teks adalah teks
yang akan di jadikan link agar bisa terhubung ke internet.
Cara membuat linking
teks ke sebuah URL adalah dengan cari kata atau kalimat yang saat di klik akan
menuju halaman lain, lalu tandai atau blok kata, kalimat tersebut. Setelah di
tandai klik tanda link, maka anda akan di bawa ke halaman/tampilan lain, URL :
istilah nama web yang anda inginkan.
7. Jelaskan perbedaan bitmap dan vektor ?
v Bitmap :
· Gambar kurang jelas jika diperbesar.
· Terdiri atas titik (piskel), beragam
warna, piksel tersebar dalam pola grid.
· Gradasi warna lebih luwes dan nyata.
· Mampu menyimpan gambar antar-format, yaitu
JPEG,BMP,GIF,TIFF,dan PNG.
· Ukuran file yang dihasilkan besar.
· Kualitas grafis tergantung dari banyaknyya
pixel.
· Disusun oleh objek yang disebut pixel.
· Sifat resolusinya dependent atau
dipengaruhi resolusi.
· Ukuran penyimpanan relatif besar.
v Vektor :
· Gambar tetap jelas ketika diperbesar.
· Tersusun dari garis dan kurva, path
terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan
anchor point.
· Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh
para desainer grafis.
· Kualitas grafik tidak tergantung dari
banyaknya pixel.
· Disusun oleh objek geometris yang dibuat
berdasarkan perhitungan matematis.
· Sifatnya resolution independent.
· Ukuran penyimpanan relatif kecil.
· Program yang digunakan adalah
coreldraw,adobe ilustrator macromedia freehand.
· Nyaman dipakai untuk melayout halaman
(teknik publishing) membuat font, dan ilustrasi.
8. Jelaskan perbedaan motion tween dan shape
tween ?
v Motion tween adalah untuk merubah tempat.
v Shape tween adalah untuk merubah bentuk.
9. Jelaskan fungsi tipe simbol berikut :
v Tipe simbol graphic, simbol untuk sebuah objek yang
berbentuk grafik.
v Tipe simbol movie clip, simbol untuk sebuah objek
film.
v Tipe simbol button, simbol untuk sebuah objek yang
bisa interaksi kepada pengguna/tombol.
v Tweening pada simbol, simbol yang berada pada sebuah
tweening.
10. Jelaskan format publising flash movie
berikut :
v FLASH*.SWF : File yang terbentuk jika anda melakukan
test movie, dan merupakan sebuah file project yyang menampilkan animasi yang
ukurannya lebih kecil dibandingkan file animasi 2d lainnya.
v HTML*.HTML : Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang
bisa di akses melalui web.
v WINDOWS PROJEKTOR*.EXE : Jasa untuk meng-export
animasi menjadi video, juga dapat dipublish menjadi sebuah aplikasi.
REFERENSI :
0 komentar:
Posting Komentar